Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mengatasi Iritasi pada Popok Bayi Tanpa Zat Kimia Berbahaya

Tak jarang bayi yang memakai popok dalam waktu lama mengalami iritasi atau ruam popok. Apabila kondisi ini terjadi, sobat tak perlu khawatir, sebab terdapat sejumlah cara ampuh mengatasi iritasi pada popok bayi menggunakan bahan alami.

Penggunaan bahan alami tersebut nantinya akan menghindarkan bayi dari efek samping obat-obatan. Sehingga, bayi bisa pulih dengan lebih cepat. Untuk mencegah infeksi atau penyakit lainnya, ruam popok harus segera diobati dengan cara berikut:

Mengatasi Iritasi pada Popok Bayi
Tips mengatasi iritasi pada popok bayi

1. Pakai Cuka Apel

Cara pertama adalah dengan cuka apel. Bumbu masak ini dapat dimanfaatkan untuk mengobati ruam popok bayi karena mengandung anti bakteri. Asam asetat dalam cuka apel berperan sebagai disinfektan alami untuk membunuh mikroorganisme yang meredakan iritasi.

Untuk melakukannya, sobat cukup mencampurkan cuka apel sebanyak 1 sendok teh bersama air hangat. Silahkan aduk sampai encer, kemudian usapkan ke area ruam secara lembut.

Lakukan ini sebanyak dua kali sehari selama 3 sampai 4 hari, tergantung keparahan ruam. Apabila bayi tidak kunjung sembuh juga, maka segera periksakan ke dokter.

2. Pakai Lidah Buaya

Cara selanjutnya adalah dengan lidah buaya. Tanaman yang khas dengan tampilan bergerigi tersebut mengandung zat yang berfungsi menyembuhkan radang pada ruam popok, yakni zat anti inflamasi. Selain itu, kandungan anti mikroba-nya juga membantu meredakan ruam.

Mengatasi iritasi pada popok bayi menggunakan lidah buaya sangatlah mudah. Silahkan ambil bagian dalam atau daging lidah buaya untuk kemudian dioleskan ke area ruam. Rasa dingin yang tercipta akan menghilangkan gatal serta perih akibat ruam.

3. Pakai Minyak Kelapa

Kemudian, sobat bisa juga menggunakan minyak kelapa untuk meredakan ruam popok. Lemak jenuh yang ada di dalam minyak kelapa akan membuat kulit bayi terjaga lembut serta lembab.

Kemudian, sifat anti bakteri dan jamurnya akan memberantas bakteri serta jamur pada kulit. Caranya, usapkan saja minyak kelapa ke kulit yang terkena ruam. Namun, jangan lupa untuk membersihkan area tersebut terlebih dahulu ya sobat.

4. Pakai Yogurt

Bahan alami untuk mengobati ruam popok lainnya adalah yogurt. Siapa yang tidak tahu olahan susu fermentasi ini? Ternyata selain enak, yogurt juga berguna untuk mengatasi iritasi pada popok bayi karena mengandung probiotik atau bakteri baik.

Zat tersebut nantinya berperan untuk menghentikan peradangan dan menyembuhkan ruam popok pada bayi. Oleskan yogurt ke kulit yang mengalami ruam, akan lebih baik menggunakan yogurt dingin. Pastikan juga menggunakan yogurt plain yang tanpa rasa tambahan.

5. Pakai ASI

Terakhir ada ASI atau air susu ibu. Apabila menggunakan bahan ini, maka sobat tak perlu lagi membeli ke toko. Selain gratis dan bergizi, ASI dapat berperan sebagai nutrisi yang meningkatkan daya tahan tubuh.

ASI bisa digunakan dengan cara mengusapkannya ke area ruam. Jangan dibilas sampai mengering agar ASI dapat merasuk melalui pori-pori dan meresap sampai ke kulit yang terkena ruam.

Coba salah satu cara di atas secara rutin. Untuk mempercepat proses penyembuhan, sobat bisa melakukan perawatan berikut:

● Menghindari menggaruk kulit sampai lecet.

● Untuk sementara, jangan gunakan popok untuk mengeringkan area ruam.

● Pilihlah popok kemampuan menyerap urine yang besar serta anti gumpal.

● Pilihlah popok yang ukurannya sesuai dengan bayi.

Itulah informasi mengenai cara mengatasi iritasi pada popok bayi tanpa menggunakan obat-obatan berbahan kimia. Apabila cara di atas tidak bekerja dan ruam belum mereda dalam waktu, bawa bayi ke dokter.