Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Setting Kamera Hp Agar Bagus dengan Mudah

Banyak pengguna smartphone mencoba cara setting kamera hp agar bagus untuk menghasilkan foto maupun video yang berkualitas. Apalagi pada era serba sosial media seperti sekarang, keberadaan kamera menjadi sesuatu yang penting. Tanpa membeli yang mahal, sebenarnya smartphone dengan harga terjangkau pun kameranya dapat diatur sehingga lebih bagus. Berikut caranya:

Cara Setting Kamera Hp Agar Bagus dengan Mudah
Cara Setting Kamera Hp Agar Bagus

1. Mengatur ISO

Lakukan pengaturan pada ISO di kamera. Bagi yang belum familiar dengan cara setting kamera hp agar bagus ini, ISO merupakan fitur di kamera. Fungsinya adalah mengatur sensitivitas dari sensor cahaya. ISO lebih tinggi dapat meningkatkan tangkapan cahaya di kamera hp. Hal ini bisa disesuaikan dengan kondisi cahaya yang sedang berlangsung agar hasilnya natural.

2. Mengatur Shutter Speed

Atur fitur kamera yang bernama shutter speed. Ini merupakan alternatif dalam menaikkan hasil jepret sehingga kamera hp dapat menyerupai DSLR. Sistem kamera default sudah memiliki shutter yang berfungsi mendapatkan sensor.

Baca juga: Cara membuat nama di kamera HP

Jika speed lebih cepat, artinya exposure dari gambar akan lebih tajam. Sebaliknya, jika speed diatur lebih lambat maka gerakannya akan lebih kabur namun dengan pencahayaan yang lebih baik.

3. Menggunakan Mode Landscape

Memotret objek dengan memanfaatkan mode landscape. Bukan berarti memotret secara horizontal kurang bagus, namun memakai mode landscape dapat memberikan efek lebar (wide) pada fotonya. Sangat cocok untuk mengambil foto pemandangan sehingga dapat menunjukkan keindahannya dengan lebih luas.

Agar tampilan landscape lebih menawan, pengguna bisa menggunakan exposure triangle. Maksudnya adalah menggunakan tiga elemen berupa ISO, shutter speed, serta aperture. Atur keseimbangan dari ketiganya melalui menu settings (pengaturan).

4. Mengaktifkan Fitur HDR

Nyalakan fitur HDR pada kamera. Cara setting kamera hp agar bagus ini dapat menghasilkan foto dengan kualitas mendekati aslinya (real). HDR mampu mengatur exposure hingga tingkat yang tertinggi. Dengan demikian, hasil foto nantinya dapat terlihat lebih bold (tegas). Sekarang hampir setiap hp yang memiliki kamera memiliki HDR sehingga fitur ini dapat langsung digunakan.

5. Mengatur Fokus dengan Klik Objek Foto

Pertegas fokus pada objek foto sehingga terlihat lebih jelas dan nyata. Hal ini wajib dilakukan jika menginginkan kualitas foto yang setara dengan DSLR. Pengguna bisa melakukan cara setting kamera hp agar bagus ini dengan mudah. Cukup dengan klik pada layar smartphone sebelum memotret. Ketuk pada bagian yang ingin difokuskan.

Misalnya memfokuskan pada objek manusia. Fokus akan terkunci pada orang tersebut, sedangkan backgroundnya akan tampak buram (blur). Jika sudah pas dan yakin dengan objek yang difokuskan, bisa langsung memotretnya.

6. Menggunakan Burst dan Flash

Memotret dalam pencahayaan yang minim? Sebagian besar kamera masa kini sudah dibekali dengan fitur flash yang menghasilkan cahaya ketika dipotret. Fitur ini dapat memperjelas hasil potret meski lokasi pengambilan fotonya minim cahaya. Apabila smartphone mendukung flash versi dual tone seperti di Mi A1 atau iPhone SE, kualitasnya akan semakin bagus.

Baca juga: Cara membersihkan RAM HP dengan mudah

Begitu juga dengan mode burst yang jarang digunakan oleh pengguna smartphone. Fitur ini sangat berguna karena bisa langsung mengambil banyak foto sekaligus. Sehingga, gerakan kecil dan cepat sekalipun dapat tertangkap oleh kamera. Mode ini sangat cocok bagi pengguna yang ingin memilah mana foto dengan kualitas terbaik.

Itu tadi beberapa cara setting kamera hp agar bagus sehingga hasilnya tidak kalah dengan DSLR yang terbilang mahal. Sekarang semakin banyak produsen smartphone baik Android maupun iOS yang meningkatkan kapasitas kameranya. Bahkan produk yang lebih lama pun masih mampu bersaing untuk hasil jepret berkualitas tinggi.