Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Pallet Kayu Serta Keuntungan Menggunakannya Untuk Industri

Ada beberapa jenis palet yang umum digunakan di masa sekarang. Salah satunya adalah jenis palet yang terbuat dari kayu atau disebut sebagai palet kayu yang penggunaannya masih banyak dipakai untuk beberapa keperluan.

Perlu diketahui bahwa, ada beberapa keuntungan yang akan didapatkan ketika menggunakan palet jenis kayu ini. Oleh karenanya, simak uraian berikut mengenai apa itu palet kayu serta keuntungan yang didapatkan jika menggunakannya:

Apa Itu Palet Kayu?

Pelet Kayu
Keuntungan pelet kayu

Alat atau benda yang sering ditemukan dalam gudang ini disebut dengan palet kayu yang merupakan susunan rangka kayu yang digunakan menjadi alas atau peti.

Tujuan penggunaan palet ini untuk melindungi barang yang hendak dikirim, supaya tidak rusak dan bentuknya tidak berubah selama proses pengiriman barang.

Umumnya kayu yang digunakan jadi bahan pembuat palet ini terbuat dari kayu yang kuat semacam pohon rambutan. Namun, tak jarang juga yang menggunakan palet dengan bahan MDF.

Keuntungan Memakai Palet Kayu Bagi Industri

Palet sendiri memiliki beberapa jenis, tergantung bahan yang digunakan. Namun semuanya ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tapi diantara banyaknya jenis, palet kayu ini punya banyak kelebihan. Berikut keuntungan yang akan didapatkan ketika menggunakannya:

1. Bisa Menahan Beban Lebih Banyak

Keuntungan yang bisa didapatkan dengan menggunakan palet kayu, apalagi untuk dipakai jadi packaging pengiriman adalah beban yang bisa ditahan palet kayu lebih banyak. Tidak ada batasan yang ditentukan untuk beban yang bisa dimuat oleh palet kayu.

Hal ini dikarenakan palet kayu ini bisa diperkuat lebih kuat dan dibangun sesuai dengan kebutuhan. Jadi atas kekuatannya yang bisa ditambah itu, jumlah beban yang bisa dilindunginya bisa lebih banyak.

2. Bisa Dibuat Furniture

Kelebihan lain dari penggunaan palet kayu adalah bahan ini setelah tidak terpakai bisa di daur ulang jadi kebutuhan lain. Contohnya saja, furnitur kayu yang memanfaatkan palet kayu sebagai bahannya menjadi benda unik dan kreatif.

Jika sering melihat limbah palet kayu yang tidak berguna di tumpukkan sampah, sebagian orang akan melihatnya menjadi harta karun yang berharga. Palet-palet ini bisa dimanfaatkan jadi furnitur kayu yang bernilai lagi, tak seperti saat ditemukan di tempat sampah.

Penghasilan dari menjual furniture berbahan palet kayu akan cukup besar. Furniture yang berkualitas tidak selalu datang dari bahan mahal yang berkualitas, terkadang bahan dari palet saja jika diolah dengan baik maka akan menciptakan sebuah produk yang berkualitas juga.

3. Mudah Ditemukan

Bahan pembuatnya untuk kayu ini mudah ditemukan, apalagi di Indonesia yang memiliki hutan yang luas. Bahan kayu yang digunakan juga mesti berkualitas, sehingga ketahanannya terjaga.

Palet kayu akan mudah ditemukan di banyak daerah, supplier juga mudah ditemukan sehingga tidak perlu membuatnya sendiri. Banyak dari produsen palet kayu yang berlomba untuk membuat palet kayu dengan kualitas yang baik dan bersaing secara harga.

4. Cocok Untuk Banyak Kebutuhan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, palet kayu ini tidak hanya digunakan dalam urusan pengiriman saja, namun ada banyak proses industri yang terbantu dengan palet ini. Untuk berjalannya proses industri, palet kayu ini cukup berguna sehingga banyak ditemukan.

Selain itu dibidang lain semacam farmasi palet kayu juga dipakai. Kegunaan lainnya jelas, palet kayu dipakai untuk pengiriman barang. Bahkan untuk hal tertentu, palet kayu standar ekspor diperlukan agar pengiriman berjalan baik.

5. Perbaikannya Mudah

Kelebihan lain dari palet kayu adalah kemudahannya untuk diperbaiki dan berbeda dengan palet dari bahan plastik, yang kerusakan dan perbaikannya perlu memakan biaya yang tidak sedikit.

Berbanding terbalik jika memilih menggunakan palet kayu yang jika diperbaiki akan lebih mudah, bahkan bisa dilakukan sendiri. Hal ini jelas bisa memangkas biaya perbaikan yang akan membuat harga, atau ongkosnya jadi lebih murah dibandingkan palet dengan jenis lain.

Sekian informasi mengenai keuntungan menggunakan palet kayu dalam industri. Jika Anda membutuhkan palet kayu standar ekspor terbaik, silahkan hubungi PT. Kemasindo Niaga Sentosa untuk informasi lain seputar pemesanan dan detail lebih lanjut dari palet kayu.