Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 5 Ide Bisnis Menarik yang Cocok untuk Anak Muda

Semakin sulitnya lowongan pekerjaan, tidak sedikit anak muda memilih untuk menjalankan bisnisnya sendiri. Namun untuk berbisnis, anak muda harus memiliki ide bisnis yang menarik. Hal ini penting agar modal usaha dan lainnya bisa diperkirakan.

Jika ingin berbisnis namun belum memiliki ide, maka pada artikel ini akan diberikan beberapa rekomendasi pilihan. Setidaknya ada lima ide usaha yang paling menarik dan potensial untuk dibahas. Inilah penjelasannya:

1. Thrift Shop

Ide Bisnis
Rekomendasi ide bisnis

Ide usaha pertama yang masuk jajaran rekomendasi adalah membuka thrift shop. Sebenarnya, sekarang sudah banyak orang yang membuka usaha thrift shop. Namun usaha ini masih menjadi peluang potensial yang bisa mendatangkan banyak keuntungan.

Jenis produk yang laris di dunia thrift adalah celana, baju, sepatu, tas, dan aksesoris. Produk-produk tersebut sangat laris dan menjadi incaran banyak pihak. Alasannya adalah kebutuhan yang tinggi dan harga yang murah dengan kualitas mumpuni.

Usaha ini juga tidak membutuhkan modal yang besar. Minimal modal yang diperlukan adalah 1 juta rupiah. Dengan biaya tersebut, maka akan didapat satu karung pakaian yang isinya sekitar 100 pakaian siap jual.

2. Bisnis Kue

Pilihan usaha kedua yang pas untuk dijalankan anak muda adalah bisnis kue. Tidak bisa dipungkiri bahwa, kebutuhan makanan termasuk kue tidak pernah sepi. Apalagi orang Indonesia yang notabenenya suka dengan makanan.

Untuk mengambil peluang yang ada, maka tidak ada salahnya mulai menjalankan bisnis kue. Usaha ini tidak harus dijalankan dengan modal besar. Buka saja bisnis kue rumahan yang resepnya berbeda dan termasuk unik.

Agar bisa bersaing, maka rasa kue adalah yang utama. Pastikan rasanya enak dan tidak sembarangan. Selain itu, keunikannya juga bisa dijadikan kunci untuk menggaet banyak pelanggan sehingga usahanya semakin terkenal.

3. Kedai Kopi

Opsi ide bisnis ketiga yang bisa dijalankan adalah kedai kopi. Saat ini, kedai kopi sudah menjamur di berbagai wilayah dengan konsep yang berbeda-beda. Apalagi di area perkantoran dan kampus, kedai kopi tidak pernah sepi pengunjung.

Hal ini dikarenakan antusias masyarakat sangat tinggi, sehingga sering datang ke kedai kopi. Oleh karenanya, menjalankan usaha kedai kopi akan pas. Apalagi jika yang menjalankan adalah anak muda, maka tren terkini bisa diketahui dengan mudah.

Usaha yang satu ini bisa dibuka dengan modal usaha kecil maupun besar. Penyesuaiannya bisa diperhitungkan dengan konsep kedai yang diinginkan. Semakin sederhana kedainya, maka modal yang dikeluarkan akan lebih kecil.

4. Jasa Desain Grafis

Membuka jasa desain grafis juga bisa dijadikan pilihan. Sekarang, hampir semua bidang membutuhkan jasa desain grafis untuk keperluan marketing. Jadi tidak heran, jika jasa desain grafis akan sangat dibutuhkan dan tidak pernah sepi pengguna.

Jika memiliki skill desain, maka jangan disia-siakan dan segera buka jasa desain. Agar bisa bersaing dengan usaha serupa yang sudah ada lebih dulu, maka lakukan pengenalan layanan dan marketing yang lebih luas.

5. Beternak atau Berkebun

Usaha terakhir yang cocok untuk anak muda adalah beternak atau berkebun. Hasil ternak dan kebun memang selalu dibutuhkan. Jadi, anak muda bisa memanfaatkan peluangnya untuk mendapatkan hasil yang menguntungkan.

Apalagi sekarang sudah banyak metode beternak dan berkebun yang lebih variatif. Jadi hal ini bisa dijadikan pembeda dengan usaha ternak dan kebun lainnya. Pastikan hasil ternak dan kebun masuk dalam komoditi yang dibutuhkan masyarakat.

Itulah beberapa ide bisnis yang bisa dijalankan oleh anak muda. Apabila idenya sudah ada, maka hal lain seperti modal usaha dan persiapannya bisa diperhitungkan. Dengan demikian, proses memulai bisnis bisa berjalan dengan baik.