Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketahui Apa Itu Pengiriman Kargo dan Perbedaannya dengan Pengiriman Reguler

Anda sedang galau ingin mengirim paket barang melalui pengiriman kargo atau ekspedisi reguler? Jangan bingung lagi dalam pembahasan kali ini akan mengobati kegalauan Anda terkait pengiriman paket yang perlu dipilih sesuai kebutuhan.

Mengirim atau menerima paket sudah menjadi kebutuhan penting bagi kebanyakan orang. Layanan pengiriman cargo atau reguler hadir untuk membantu Anda dalam mengirim paket dengan aman dan selamat sampai diterima oleh penerima.

Berikut ini perbedaan pengiriman kargo dan Regulasi agar Anda dapat mempertimbangkan layanan dari keduanya.

Mengenal Pengiriman Kargo

Pengiriman Kargo
Pengiriman Kargo

Shipping cargo merupakan layanan pengiriman barang dalam jumlah besar dengan minimal berat 10 kilo. Sehingga jika Anda mengirim paket dalam jumlah besar bisa menggunakan pengiriman kargo dan melacak resi melalui website terpercaya di pengiriman kargo yang dijamin akurat.

Adapun kelebihan lainnya yang disediakan oleh kargo, yaitu mempunyai harga atau ongkos yang relatif murah dibandingkan dengan pengiriman lainnya. Namun pengiriman kargo secara umum tidak melayani antar jemput barang sehingga Anda harus datang ke lokasi ekspedisi.

Sedangkan ekspedisi regular kebalikan dari pengiriman kargo yang hanya diperuntukkan untuk barang yang memiliki berat dibawah ekspedisi kargo. Untuk kelebihan layanan ini ada jasa antar jemput barang namun biayanya lebih mahal, karena dihitung per kilo dari berat barang.

Bedanya Pengiriman Kargo dan Reguler

Dengan adanya pembahasan ini Anda dapat mempertimbangkan lebih baik menggunakan jasa pengiriman mana yang lebih baik digunakan untuk mengirim paket. Perbedaan sekilas dari kedua layanan ini sudah dijelaskan diatas.

Bahwa pengiriman kargo hanya melayani barang dengan jumlah besar, berat dan harga murah. Sedangkan harga reguler pengiriman dihitung per kilo dan untuk pengiriman barang kecil. Untuk perbedaan lainnya, dapat dijelaskan di bawah ini:

1. Dilihat Dari Segi Jenis Paket

Perbedaan dari kedua layanan diatas dapat dilihat perbedaan dari segi jenis paketnya. Untuk layanan reguler hanya melayani pengiriman barang kecil atau hanya bisa di bawa oleh kurir dengan motor.

Layanan pengiriman reguler cocok digunakan oleh Anda yang sedang menjalankan bisnis kosmetik, Skincare, fashion dan makanan ringan. Namun jika Anda ingin mengirim barang dengan jumlah banyak ke satu penerima bisa menggunakan jasa cargo sesuai ketentuan.

Sedangkan, jika Anda menginginkan mengirim barang dengan berat dan ukuran besar, cobalah pengiriman kargo. Jenis paket barang yang dapat dikirim dengan pengiriman cargo di melalui kargo diantaranya barang furniture dan barang berat lainnya.

2. Dilihat Dari Segi Tarif Ongkir Pengiriman

Perbedaan selanjutnya terletak pada tarif ongkir yang dikenakan pada setiap pengiriman. Untuk layanan kargo ongkir kirim barang diambil dari berat barang per 10 kg dari barang dan ongkir lebih murah jika melebihi berat minimal.

Sementara itu, untuk tarif layanan jasa pengiriman Reguler umumnya dihitung berdasarkan berat barang per 1 kg. Sudah banyak layanan jasa pengiriman reguler saat ini seperti Parcel, Same day, paxel Big dan juga instant.

Untuk tarif ongkir jasa reguler lebih mahal dibanding dengan ongkir jasa kargo. Disinilah Anda perlu mempertimbangkan jika mengirim barang dalam jumlah besar maupun kecil semuanya memiliki keuntungan dan kelebihan.

3. Dilihat Dari Segi Estimasi Waktu Pengiriman Barang

Selanjutnya perbedaan kain terletak pada jangka waktu kedatangan barang atau estimasi waktu. Untuk layanan cargo memiliki estimasi cukup lama sekitar 3-14 hari tergantung wilayah pengiriman.

Sedangkan pengiriman reguler relatif lebih cepat karena hanya membutuhkan waktu 2-3 hari saja. Perbedaan perkiraan waktu tersebut di karena jauh wilayah dan jumlah barang yang dikirim.

Demikian penjelasan mengenai perbedaan pengiriman kargo dan reguler yang terletak pada jenis paket, tarif dan estimasi pengiriman. Setelah memahami perbedaan keduanya pasti Anda sudah tahu untuk memilih jasa pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan.