Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab dan 6 Cara Mengatasi Hidung Mampet Sebelah

Mengalami hidung mampet sebelah nyatanya merupakan kondisi yang kerap sekali terjadi. Biasanya ketika hidung mampet yang disebabkan karena flu atau pilek, maka rasanya pasti sangat mengganggu. Akan tetapi, pernahkah Sahabat bertanya mengapa sepertinya hidung mampet sebelah?

Seorang ahli bedah di divisi THT di Brigham and Women's Hospital menyatakan jika ada respons fisiologis yang biasa dikenal dengan siklus hidung. Ini merupakan sebuah proses di mana lubang hidung akan secara bergiliran mengisap lebih banyak udara. Hal inilah yang akhirnya menjadi alasan mengapa Sahabat kerap merasakan hidung mampet sebelah dan bagaimana cara mengatasi hidung mampet sebelah.

Beberapa Penyebab Hidung Mampet Sebelah

Cara Mengatasi Hidung Mampet Sebelah
Atasi hidung mampet sebelah
dengan tips berikut
Posisi di kedua sisi hidung yang biasa dikenal sebagai turbinat inferior berperan penting untuk menghangatkan dan melembapkan udara sebelum sampai ke paru-paru. Tentunya ini akan melindungi paru-paru dengan cara mengurangi kekeringan dan iritasi. Proses ini pun cukup merepotkan sebenarnya, sehingga hidung akan menyalurkan sumber dayanya lebih ke satu sisi dibandingkan ke yang lain untuk membuat prosesnya lebih optimal.

Kemudian bisa mengirimkan lebih banyak aliran darah ke satu lubang hidung, yang mana akan menghangatkan udara yang masuk melalui sana, namun juga bisa menimbulkan turbin di sisi yang satunya menjadi membengkak. Pembengkakan ini artinya ada lebih sedikit ruang bagi udara untuk masuk.

Biasanya ketika sedang sakit, aliran darah ke hidung itu pasti akan meningkat lebih banyak lagi, yang mana akan memicu lebih banyak pembengkakan dan produksi lendir yang lebih besar di area hidung. Lalu bagaimana cara mengatasi hidung mampet sebelah?

Baca juga: Cara mengatasi hidung tersumbat pada anak

6 Cara Mengatasi Hidung Mampet Sebelah

Hidung mampet sebelah yang disebabkan oleh flu atau pilek tentu saja bisa membuat frustasi dan kerap sekali akan memengaruhi aktivitas sehari-hari. Banyak orang yang bahkan mengira jika hidung tersumbat merupakan sebuah hasil dari terlalu banyak lendir di saluran hidung.

Akan tetapi, hidung tersumbat ini pada umunya diakibatkan dari pembuluh darah yang meradang di sinus. Pilek, flu, alergi, atau infeksi sinus lainnya bisa memacu pembuluh darah ini. Lalu jika berada dalam kondisi seperti ini, bagaimanakah cara mengatasi hidung mampet sebelah?

1. Menggunakan Pelembap Udara atau Humidifier

Ini tentu saja bisa menjadi cara cepat dan mudah jika ingin mengurangi nyeri sinus dan membantu meredakan hidung tersumbat. Mesin pengubah air menjadi uap air yang secara perlahan akan mengisi udara, mampu meningkatkan kelembapan di dalam ruangan.

Dengan menghirup udara lembap ini maka diketahui bisa menenangkan jaringan yang teriritasi dan pembuluh darah yang membengkak di hidung dan sinus. Bahkan beberapa orang menyatakan jika udara yang dipanaskan dan dilembapkan ini pun bisa membantu lendir yang tersumbat mengalir lebih baik.

2. Mandi Air Hangat

Sudahkah Sahabat pernah mengalami hidung tersumbat sebelah dan ternyata Sahabat bisa bernapas jauh lebih baik sesudah mandi air hangat? Faktanya mengatasi hidung mampet sebelah yang satu ini adalah tepat. Uap dari pancuran ini bisa membantu mengencerkan lendir di hidung serta akan mengurangi peradangan.

Mandi air panas (hangat) ini pun nyatanya bisa membantu pernapasan kembali normal, minimal untuk sementara waktu, apabila misalnya Sahabat bisa mendapatkan efek yang sama dengan menghirup uap dari air panas di wastafel.

3. Tetap Terhidrasi

Mengatasi hidung mampet sebelah yaitu dengan minum banyak cairan apabila misalnya Sahabat merasa hidung mampet sebelah akibat pilek atau flu. Dengan Sahabat meningkatkan hidrasi yang optimal maka tentu saja ini akan membantu mengencerkan lendir di saluran hidung, mendorong cairan keluar dari hidung serta akan mengurangi tekanan di sinus.

Biasanya, lebih sedikit tekanan maka lebih sedikit juga peradangan dan iritasi. Apabila misalnya Sahabat juga mengalami sakit tenggorokan, maka cairan hangat seperti teh pun nyatanya bisa membantu meredakan rasa tidak nyaman di tenggorokan.

Baca juga: Cara mengatasi sesak nafas cukup di rumah saja

4. Bersihkan Lendir

Banyak yang merasa bahwa ini memang bukan cara yang menyenangkan untuk dilakukan. Akan tetapi, Sahabat bisa membersihkan lubang hidung yang tersumbat dengan menggunakan neti pot. Ini merupakan sebuah wadah yang dibuat khusus untuk mengeluarkan lendir dan cairan dari saluran hidung. Berikut cara menggunakan neti pot:
  • Pertama berdiri dengan kepala di atas wastafel.
  • Lalu kemudian tempatkan cerat neti pot di satu lubang hidung.
  • Kemudian miringkan neti pot sampai air masuk ke saluran hidung.
  • Jika misalnya air mengalir ke lubang hidung, maka ia akan keluar melalui lubang hidung yang lain dan mengalir ke wastafel.
  • Lakukanlah hal ini selama sekitar 1 menit, kemudian pindah sisi.

5. Menggunakan Kompres Hangat

Kompres hangat nyatanya pun bisa membantu meringankan beberapa gejala hidung tersumbat dengan cara membuka saluran hidung dari luar. Untuk bisa membuat kompres hangat, maka yang pertama adalah dengan merendam handuk dalam air hangat. Lalu kemudian, peras air dari handuk. Setelahnya, lipat dan letakkan di atas hidung dan dahi.

Tahukah Sahabat bahwa kehangatan ini bisa memberikan kenyamanan dari segala rasa sakit serta akan membantu meredakan peradangan di lubang hidung. Jangan lupa untuk mengulangi cara ini sesering mungkin. Bahkan banyak orang yang sudah membuktikannya dan Sahabat harus mencobanya.

6. Minum Obat

Terakhir, mengatasi hidung mampet sebelah yang mana bisa membuat tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari yaitu dengan menggunakan obat yang bisa membersihkan saluran hidung dan meredakannya. Bisa dibilang ini adalah pilihan terakhir yang bisa Sahabat lakukan.

Itulah cara mengatasi hidung mampet sebelah yang bisa sahabat coba sendiri di rumah agar badan terasan enak untuk beraktifitas. Namun tetap saja jika keadaan tidak semakin baik maka segera konsultasikan ke dokter agar segera dilakukan penanganan.