Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Dengan Cepat

Bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat memang sangat dibutuhkan informasinya bagi mereka yang mengalami. Ketika musim hujan misalnya, salah satu keluhan kesehatan yang sering diderita oleh masyarakat yaitu hidung tersumbat yang disebabkan influenza.

Memang, ketika hidung tersumbat menjadi hal yang sangat tidak mengenakkan. Alasannya, karena selain membuat sulit bernapas disertai juga dengan sakit kepala yang mengganggu. Atau juga suara kita yang lebih terdengar lucu ketika hidung tersumbat yang membuat kekayaan diri berkurang. Sementara itu, ketika mencoba membuang ingus supaya hidung lebih lega ternyata tidak keluar.

7 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Secara Alami

cara mengatasi hidung tersumbat
Atasi hidung tersumbat dengan 7 cara 
mengatasi hidung tersembat berikut ini ya.
Banyak orang yang menganggap bahwa hidung tersumbat disebabkan karena lendir yang terlalu menumpuk di saluran hidung. Padahal, selain itu juga bisa disebabkan karena peradangan pembuluh darah di sinus. Iritasi pada pembuluh darah ini bisa karena flu, alergi atau sinus.

Terlepas dari apapun penyebab hidung tersumbat ini, ada beberapa cara mengatasi hidung tersumbat yang bisa dilakukan seperti berikut: 

1. Menggunakan Humidifier

Humidifier merupakan salah satu cara yang paling gampang untuk mengurangi hidung tersumbat dan nyeri sinus. Dilansir dari health line, alat ini akan merubah air menjadi uap yang membantu udara menjadi lebih lembab. 

Menghirup udara lembab bisa semakin membuat jaringan yang mengalami iritasi dan bengkak itu menjadi lebih rileks. Humidifier juga bisa mengencerkan cairan lendir. Hal tersebut bisa membuat hidung lebih lega karena cairannya kosong dan mengembalikan pernapasan ke semula. Sahabat dapat meletakkan humidifier di kamar untuk membantu meredakan hidung tersumbat. 

2. Mandi Dengan Air Hangat

Cara mengatasi hidung tersumbat berikutnya yaitu dengan mandi menggunakan air hangat. Ada alasan baik kenapa melakukan hal ini karena uap dari Pancoran bisa membantu membuat lendir yang menyumbat pernafasan menjadi lebih encer. Selain itu, juga bisa mengurangi peradangan. 

Sahabat juga bisa memperoleh manfaat yang sama dengan cara menghirup uap panas dari wastafel yang memiliki pilihan air panas. Berikut ini caranya:

  • Nyalakan pilihan wastafel air panas.
  • Kalau suhunya sudah pas, Sahabat bisa meletakkan handuk di atas kepala dan hadapkan wajah di atas wastafel.
  • Biarkanlah uap terbentuk terlebih dahulu, dan kemudian perlahan-lahan tarik napas dalam-dalam.
  • Sahabat juga harus berhati-hati supaya wajah tidak terbakar karena air panas. 

3. Menjaga Hidrasi Dengan Baik

Saat hidung tersumbat, upayakan supaya cairan tetap mengalir. Ada banyak cairan yang bisa membantu Sahabat tetap terhidrasi ketika kurang sehat misalnya air putih, isotonik ataupun jus. Asupan cairan yang cukup bisa membantu membuat banjir di saluran hidung menjadi encer. Selain itu, juga bisa mendorong  cairan agar keluar dari hidung serta tekanan di sinus semakin berkurang.

Apabila mengalami hidung tersumbat yang disertai dengan sakit tenggorokan, Sahabat bisa mengkonsumsi susu hangat dan teh. Keduanya bisa membantu untuk meredakan ketidaknyamanan yang dialami di bagian tenggorokan.

4. Memakai Semprotan Cairan Saline

Cara mengatasi hidung tersumbat, bisa juga dengan menyemprotkan cairan saline. Ini merupakan larutan air garam yang bisa diperoleh di apotek. Dengan menggunakan nilai, bisa membantu semakin melembabkan bagian lubang hidung. 

Dengan semprotan saline, dapat lebih mengencerkan lendir pada saluran hidung. Hal tersebut bermanfaat untuk mengurangi peradangan pembuluh darah. Cairan di hidung juga bisa lebih mudah dikeluarkan dan melegakan pernafasan. Untuk penggunaannya, akan lebih baik disertai dengan konsultasi ke dokter karena sejumlah saline ada yang mengandung dekongestan.

5. Mengeringkan Sinus

Cara mengatasi hidung tersumbat juga dapat dilakukan dengan membersihkan lubang hidung dengan memakai neti pot. Alat ini merupakan wadah yang dirancang agar bisa mengeluarkan cairan dari saluran pernapasan. Penggunaanya sendiri dianjurkan untuk menggunakan air suling atau steril. Berikut ini langkah cara penggunaannya

  • Berdiri dengan posisi kepala di atas wastafel.
  • Atur posisi cerat neti pot pada salah satu lubang hidung.
  • Atur kemiringannya hingga air bisa masuk ke saluran pernapasan (hidung).
  • Jika air sudah mengalir ke lubang hidung, maka berikutnya akan keluar lewat lubang hidung satunya.
  • Lakukan hal ini kurang lebih selama 1 menit dan ganti sisi hidung yang lain. 

6. Menggunakan Air Kompres Hangat

Cara mengatasi hidung tersumbat juga dengan menggunakan kompres hangat. Cara ini bisa membantu membuat hidung tersumbat lebih lega dengan cara membuka saluran hidung. Untuk melakukannya yaitu sebagai berikut:

  • Siapkan wadah dan rendam handuk di air hangat.
  • Peras handuk tersebut dan kemudian tempatkan di atas dahi dan hidung.
  • Kehangatan yang berasal dari handuk tersebut bisa membantu meredakan peradangan dan juga nyeri di hidung. 
  • Sahabat bisa mengulangi hal ini sesuai kebutuhan.

7. Memakai Minyak Kayu Putih

Dilansir dari medical news today, minyak kayu putih memiliki bahan dasar daun pohon ekaliptus. Bahan ini sudah banyak digunakan selama ratusan tahun karena manfaat untuk menyembuhkan hidung tersumbat. Menghirup aromanya, bisa melegakan pernapasan dan mengurangi peradangan.

Cara mengatasi hidung tersumbat ini mudah dengan hanya meneteskan minyak kayu putih secukupnya di atas panci berisi air panas. Hal yang dimanfaatkan di sini adalah uapnya. Hiruplah uap dari air tersebut sampai hidung rileks dan hidung lega. Sahabat juga bisa menutup kepala dengan handuk supaya memperoleh manfaat maksimal. 

Itulah beberapa cara mengatasi hidung tersumbat yang dapat Sahabat lakukan di rumah. Dengan mempraktekannya, saluran pernapasan bisa semakin lega dan membuat Sahabat menjadi lebih baik. Jika memang sudah tidak tertahankan, segera mendatangi klinik terdekat.