Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Cara Mengatasi Diare yang Bisa Dilakukan Sendiri Di Rumah

Diare pada tubuh biasanya terjadi karena infeksi virus di usus besar. Terjadinya diare ini diakibatkan karena infeksi virus serta bakteri yang ada di usus besar. Adapun untuk cara mengatasi diare ini langsung saja simak penjelasannya.

12 Cara Mengatasi Diare Secara Alami

Cara mengatasi diare
Atasi masalah diare dengan cara yang tepat
1. Memperbanyak Asupan Cairan

Saat orang terkena diare tubuh juga akan banyak kekurangan cairan. Adapun cara mengatasi diare yaitu dengan mencukupi kebutuhan cairan minimum 2-3 liter dalam sehari. Asupan cairan ini tidak hanya diperoleh melalui air putih saja, namun juga bisa berasal dari makanan lain misalnya sup, kuah kaldu, serta jus buah.

Kemudian terdapat proses yang harus dilewati saat terkena diare. Cara ini dilakukan agar bisa mengembalikan garam dan mineral yang hilang karena diare. Cairan ini merupakan kandungan elektrolit, misal oralit ataupun minuman berenergi. Namun jika diare masih berlangsung, maka bisa menghubungi ke petugas pelayanan terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

2. Memilih Konsumsi Makanan Harian

Disaat proses pemulihan badan karena diare, akan banyak dikonsumsi makanan yang rendah serat. Selain itu juga bahwa makanan yang minim proses memasak dan rendah serat. Bukan hanya itu saja, bagi wanita cara mengatasi diare yang banyak dianjurkan yaitu dengan mengkonsumsi makanan probiotik, misalnya yogurt.

Kandungan bakteri yang ada di yogurt ini baik untuk kesehatan usus. Sebaiknya dalam memilih yogurt ini pilih yang tidak mengandung perasa. Hal ini dikarenakan ada beberapa perasa buatan seperti sorbitol akan memperparah diare dan memperlama proses penyembuhan.

3. Mengatur Pola Makan

Cara mengatasi diare dengan alami berikutnya yaitu dengan mengatur pola makan. Konsumsi makanan yang terlalu banyak dan bisa memaksa otot saluran cerna ini agar bisa bekerja dengan lebih aktif.  Oleh sebab itulah Anda juga disarankan untuk makan dari porsi kecil. Misalnya : akan membuat tiga porsi makanan utama dibagi lagi dalam porsi yang kecil. Cara ini dilakukan untuk mengganti meringankan beban kerja usus selama diare.

4. Hindari Konsumsi Menu Yang Memantik Diare

Saat kamu sedang berada dalam fase penyembuhan diare maka jauhkanlah makanan yang bisa menjadi pemicu diare bertambah parah. Misalnya makanan yang digoreng dan berlemak, pedas dan lain-lain. Kemudian untuk buah dan sayuran yang bisa memicu gas yaitu brokoli, jagung dan kol yang bisa memperparah peran diare. Selain itu, kamu juga harus disiplin agar bisa selalu menghindari minuman yang berkafein. Misalnya soda, teh, kopi, minuman alkohol dan lainnya.

5. Minum teh Chamomile

Terdapat sebuah penelitian di India yang menyatakan bahwa teh chamomile ini juga bisa dimanafaatkan untuk mengatasi diare. Hal ini dikarenakan pada chamomile ini bisa membantu dalam mengatasi kembung, sakit perut, mual yang diakibatkan diare serta bisa juga digunakan untuk menyembuhkan segala proses diare.

6. Mengkonsumsi Pisang

Cara mengatasi diare yang berikutnya yaitu dengan mengkonsumsi pisang. Seperti yang kita tahu bahwa pisang merupakan obat diare yang ampuh. Didalam pisang terkandung kalium yang bisa digunakan untuk membantu dalam menggantikan elektrolit yang hilang. Selain itu pisang juga mengandung pektin sehingga akan bisa membantu melakukan penyerapan cairan di dalam usus. Karena kandungan yang dimilikinya tersebut maka akan membuat feses yang keluar juga tak lagi dalam bentuk yang cair. Namun bentuknya menjadi lebih padat.

7. Konsumsi Kentang

Tentu ini hampir sama dengan pisang yang mengandung kalium. Kalium ini juga sangat dibutuhkan terutama bagi yang suka diare. Agar dalam mengkonsumsinya jadi lebih nikmat, biasanya kentang diolah dengan cara dikukus. Lalu pastikan bahwa kamu juga tak akan menambah berupa mentega ataupun saos pedas, Karena hal tersebut tentu saja akan bisa memperparah kondisi dalam keadaan diare.

8. Minum Air Rebusan Jahe

Soperti yang kita tahu bahwa jahe ini merupakan rempah yang bisa untuk anti radang, anti nyeri, anti bakteri serta bisa juga digunakan untuk obat diare alami. Jahe juga mengandung antioksidan sehingga akan memiliki dampak yang baik pada sistem pencernaan perut. Agar kamu bisa memanfaatkannya maka hanya perlu merebus irisan jahe lalu minumlah air tersebut selagi hangat. Teh jahe ini selain bisa digunakan untuk diare , teh ini juga bayak dipakai untuk mengganti cairan tubuh yang hilang.

9. Minum Air Putih atau jus Buah Segar

Agar bisa mencegah terjadinya dehidrasi karena diare maka kamu bisa meminum cairan tersebut setidaknya 1 liter setiap 1-2 jam. Bukan hanya air putih yang kamu minum saja , namun juga ada jus buah. Akan tetapi sebelum meminumnya sebaiknya tanpa menambahkan pemanis buatan.

10. Konsumsi wortel

Kemudian ada cara mengatasi diare lainnya yaitu dengan mengonsumsi wortel. Seperti yang kita tahu bahwa wortel ini bisa digunakan untuk mengeraskan feses yang didalamnya terdapat kandungan pektin yang dimilikinya. Cara mengonsumsi wortel untuk mengatasi diare ini yaitu dengan membuat wortel menjadi bubur. Tumbuklah wortel sampai halus lalu diblender dengan menggunakan sedikit air agar khasiatnya terasa.

11. Konsumsi Daging Kukus

Beberapa sumber protein yang bisa digunakan untuk mengatasi diare ini seperti daging sapi, ikan dan ayam. Akan tetapi sebelum menggunakannya sebaiknya pastikan terlebih dahulu bahwa daging tersebut sudah dimasak dengan matang dan benar.

12. Konsumsi Roti Gandum

Cara mengatasi diare selanjutnya yaitu dengan mengkonsumsi roti gandum saat sedang diare. Hal ini dikarenakan serat yang ada pada roti gandum ini mengadung serat yang rendah sehingga mudah dicerna oleh tubuh. Dan ini tentu saja akan berguna untuk memadatkan feses.

Demikian informasi cara mengatasi diare yang ampuh dan mudah dilakukan sendiri dirumah diatas. Informasi tersebut bisa menjadi alternatif referensi bagi sahabat untuk mengobati diare dengan langkah sederhana dan mandiri dirumah.