Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara Mengobati Sakit Gigi yang Ampuh Dengan Cepat

Informasi tentang cara mengobati sakit gigi tentu akan sangat dibutuhkan oleh mereka yang mengalaminya. Memang, cara paling efektif untuk mengatasi sakit gigi ini yaitu dengan datang ke dokter gigi. Nantinya, pengobatan yang diberikan yaitu pereda nyeri serta menyarankan kembali untuk datang. Cara lainnya, yaitu dengan melakukan pengobatan di rumah. 

Alternatif Langkah ini bisa dilakukan untuk meredakan rasa nyeri sebelum sahabat berkunjung ke dokter gigi. Dengan begitu, rasa sakit yang dirasakan berkurang. Saat sahabat datang ke dokter gigi jadi tidak terlalu terasa lagi.

8 Cara Mengobati Sakit Gigi dengan Bahan Alami

cara mengobati sakit gigi
Jika Sahabat sedang sakit gigi coba terapkan
8 cara mengobaati sakit gigi berikut ini ya.

Memang, ada banyak penyebab sakit gigi yang umum dialami. Mulai dari karena infeksi, gigi yang berlubang, penyakit di bagian gusi, gigi tumbuh, maupun radang pada gigi geraham atau peritonitis. Apapun penyebabnya, rasa sakit gigi tidak hanya membuat sulit makan dan minum. Bahkan, bisa juga merambat hingga ke kepala. 

Berikut ini adalah beberapa cara mengobati sakit gigi alternatif yang aman sahabat lakukan di rumah: 

1. Garam

Langkah pertama untuk meredakan nyeri sakit gigi yaitu dengan air garam sebelum sahabat pergi ke dokter gigi. Dengan berkumur menggunakan air garam, bisa melepaskan sisa makanan yang menyelip di antara gigi. Larutan garam bisa menyeimbangkan ph dalam mulut dan membuat bakteri sulit hidup dengan menciptakan lingkungan beralkali.

2. Daun Jambu

Pereda sakit gigi berikutnya yaitu bisa menggunakan daun jambu. Kandungan yang ada di dalam daun jambu merah khususnya, mempunyai sifat antiradang, analgesik atau pereda nyeri dan menjadi antimikroba alami. Ini bisa menjadi salah satu cara mengobati sakit gigi di rumah. 

cara mengobati sakit gigi yaitu dengan mengunyah 1-2 lembar daun jambu ini. Berikutnya, oleskan Sari daun jambu dengan lidah sahabat ke area yang sakit. Bisa juga dengan merebus 4 lembar dan saring. Diamkan sampai hangat dan kemudian jadikan obat kumur. 

3. Bawang Putih

Bawang putih juga dikenal sejak dahulu untuk meredakan sakit gigi. Kandungan yang ada di dalamnya, mampu membunuh bakteri penyebab infeksi di gigi. Sahabat bisa mengunyah 1 siung bawang mentah pada sisi bagian gigi yang terasa sakit. 

Kalau tidak suka dengan cara ini, bawang putih bisa diiris tipis dan tempelkan di gigi yang sakit. Bisa juga dengan dihaluskan dahulu, dan tempelkan pada wilayah yang terasa nyeri. Akan tetapi,  jangan sampai berlebihan dan harus berhati-hati, karena bawang putih bisa memicu luka bakar kulit.

4. Berkumur Dengan Cuka

Kalau sahabat tidak tahan dengan air garam yang asin, cara mengobati sakit gigi bisa menggunakan bahan alternatif lain yaitu cuka. Kandungan anti mikroba pada cuka apel maupun cuka dapur bisa membunuh bakteri penyebab sakit gigi. Dengan demikian, bakteri tidak bisa tumbuh dengan baik pada lingkungan dengan unsur zat dalam cuka.

Namun, sahabat juga jangan sampai berlebihan dengan berkumur memakai cuka murni. Kandungan asam yang dapat merusak lapisan enamel gigi kalau langsung bersentuhan. Sebaiknya, Dilarutkan terlebih dahulu setengah sendok teh suka ke segelas air hangat. Kumur-kumur di area yang terasa sakit selama 30 detik. Buang segera setelah melakukannya.

Kalau memang tidak kuat dengan asam cuka, bisa meneteskan saja di atas kapas dan tempelkan pada gigi yang nyeri. Lalu, bisa menyikat gigi dengan pasta gigi sensitif seperti biasanya. 

5. Kunyit

Selain digunakan untuk menyedapkan makanan, kunyit juga ternyata bisa menjadi salah satu  cara mengobati sakit gigi. Adanya senyawa kurkumin bisa membunuh mikroba penyebab nyeri gigi.  Selain itu, radang juga bisa disembuhkan. Untuk melakukannya, bisa dengan dua cara. 

Cara pertama yaitu dengan memarut setengah kuas rumit dan kemudian tempelkan di gigi yang nyeri beberapa menit. Berikutnya, bisa juga diolah agar menjadi pasta gigi.

Pada prakteknya yaitu dengan mencampurkan kunyit parut dengan minyak kelapa dan baking soda. Cara mengobati sakit gigi berikutnya, aduklah bahan-bahan tersebut hingga mengental seperti krim. sahabat dapat memakai krim ini ketika menyikat gigi. 

6. Licorice/akar manis

Disebutkan dalam American Chemical Society Journal Of Natural Products, ada manfaat bagus dari licorice. Dipercaya, kandungan di dalam akar manis ini bisa bermanfaat meredakan sakit gigi. Senyawa licor isoflavon a dan licoridcidin bermanfaat untuk menghambat perkembangan bakteri pada gigi berlubang. 

Licorice juga menjadi obat sakit gigi tradisional yang dapat mengurangi plak. Ketika menyikat gigi, bubuk akar manis bisa digunakan. Disamping itu, sahabat juga bisa menyikat gigi dengan batang nya yang lembut seperti halnya siwak.

7. Lidah Buaya

Lidah buaya pada umumnya diketahui sebagai bahan yang bermanfaat untuk kosmetik. Kandungan yang ada di dalamnya bermanfaat untuk menebalkan rambut atau membuat kulit menjadi segar. Selain itu, ternyata lidah buaya bisa digunakan sebagai salah satu cara mengobati sakit gigi.

Penelitian pada tahun 2015 silam, memberikan informasi bahwa gel yang terkandung di dalamnya bisa melawan bakteri penyebab gigi berlubang. Penelitian tersebut juga sekarang ini terus dilanjutkan untuk mengkaji lebih dalam lagi apakah memang benar lidah buaya yang mampu memberikan mineral pada enamel gigi. 

Lidah buaya selain dipercaya untuk mengobati sakit gigi juga bisa digunakan untuk mengatasi rambut yang bermasalah. Baca selengkapnya cara mengatasi rambut rontok dengann alami.

8. Cengkeh

Bahan lainnya untuk meredakan sakit gigi yaitu cengkeh. Senyawa eugenol yang ada di dalamnya bisa meredakan nyeri secara alami. Cara menggunakannya sendiri macam-macam, ada yang menyarankan untuk digigit pada area yang sakit. Ada juga yang memberikan saran memakai bola kapas dan mencelupkannya ke minyak cengkeh. 

Akan tetapi, hati-hati juga dengan resiko cara mengobati sakit gigi ini misalnya iritasi, perdarahan, atau sesak nafas jika berlebihan menggunakannya. Perhatikan juga tangan jangan langsung memegang mata ketika bersentuhan dengan cengkeh karena bisa menyebabkan iritasi. 

Itulah informasi mengenai bagaimana cara mengobati sakit gigi di rumah dengan bahan-bahan alami. Dengan tips yang kami berikan di atas, dapat menjadi pertolongan pertama sebelum sahabat berkunjung ke dokter gigi untuk pengobatan lebih lanjut.