Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Mengatasi Asam Lambung dan Faktor–Faktor Penyebab Asam Lambung

Asam lambung merupakan salah satu penyakit yang mengakibatkan pasien yang terkena asam lambung tersebut menjadi perih dan merasakan kesakitan. Jika penyakit ini tidak diobati atau dibawa secepatnya ke dokter maka bisa membawa kepada salah satu peluang yaitu kematian. Maka dari itu sahabat membutuhkan pengetahuan tentang cara mengatasi asam lambung dan faktor penyebabnya.

4 Cara Mengatasi Asam Lambung 

Penanganan asam lambung bisa dilakukan sendiri di rumah, namun tetap saja jika sahabat merasa nyeri pada asam lambung semakin parah sebaiknya sahabat langsung menghubungi dokter. Dalam penanganan para pasien asam lambung terdapat dua bentuk penanganan dan cara mengatasi asam lambung adalah sebagai berikut:

1. Meminum Air Hangat

Cara mengatasi asam lambung, terdiri dari langkah – langkah yang digunakan untuk membantu pasien asam lambung. Yaitu, terutamanya dengan meminum air hangat dikarenakan adanya kenaikan zat asam lambung yang muncul pada kerongkongan sehingga pada akhirnya zat asam tersebut menjadi gangguan yang ada pada diri pasien.

2. Menjaga Pola Tidur

Pola tidur adalah sebuah hak yang perlu diterapkan kepada kesemua orang agar tubuh badan seseorang tersebut dapat menjadi fit kembali. Dalam mengatasi asam lambung, salah satunya adalalah dengan menjaga pola tidur. Hal ini dikarenakan pada saat Sahabat kelelahan, dan tidak beristirahat ataupun mengambil jam tidurnya Sahabat sendiri untuk hal yang lain. Kemungkinan, karenanya orang tersebut tidak memperhatikan waktu istirahanya.

3. Refleksi Diri

Kata refleksi adalah kata yang lebih menggambarkan kepada gambaran santai, senang ataupun hal – hal yang berupa sesuatu yang cukup baik bagi seorang individu tersebut. Dapat disimpulkan bahwa, kegiatan refleksi diri adalah merupakan kegiatan yang dapat menyantaikan dirinya sesering mungkin. Penyakit ini dikatakan juga bahwa dapat membuat seorang lupa dan bisa berdampak pada sifat stress dan inginnya.

4. Mengkonsumsi Obat-Obatan 

Salah satu penanganan yang terbaik dalam cara mengatasi asam lambung adalah dengan mengonsumsi obat – obatan . setelah tahap yang berikutnya dalam memperbaiki kehidupan pencernaan asam lambung. Obat – obatan tersebut disediakan agar pasien yang terkena ataupun yang kambuh seperti paracetamol; ibuprofen; ataupun obat minum lainnya. 

Faktor Penyebab Asam Lambung

cara mengatasi asam lambung
Cara mengatasi asam lambung
dan mengetahui cara pencegahannya
Dari adanya penanganan – penangan yang dilakukan tersebut untuk pasien asam lambung. Sekurang – kurangnya dapat memelihara kesehatan bagi si pasien yang terkena akut atau secara tak langsungnya menjadi penyakit yang mentraumakan penyakit asam lambung tersebut. Maka, ada beberapa faktor utama dalam terjadinya asam lambung, yaitu sebagai berikut :

1. Pola Makan Yang Tidak Sehat Dan Teratur

Makanan merupakan salah satu sumber utama manusia dalam pencernaan dan tentunya adalah salah satu aspek yang sangat penting bagi kegiatan atau aktivitas manusia. Tanpa adanya makanan, kehidupan manusia tidak dapat berjalan dengan yang mana manusia menjadi lesu, lemah dan tidak berdaya.

Dari sisi cara mengatasi asam lambung ini, terdapat faktor yang kemungkinan besar untuk bisa membuat pasien asam lambung ini menjadi akut dan bertambah kambuh yaitu pemakanan yang kurang teratur dan sehat. Contoh pertamanya, makanan yang diambil pada waktu malam telah diambil pada waktu siang, sehingga perut seseorang tersebut menjadi kosong dan mengakibatkan masuknya angin kedalam perutnya.

Di contoh kedua, pemakanan yang kurang teratur  tersebut menjadi gaya hidup masa kini, sehingga akan menjadi salah satu aktivitas yang sering diikut – ikuti oleh manusia pada jaman sekarang. Tentunya, dari gaya hidup tersebut, mampu membuat manusia lebih menjadi boros, dan tidak bisa mengambil keputusan dalam membeli makanan. 

Sedangkan, makanan yang tidak sehat saja dapat menjadikan pengaruh utama dalam pemakanan dan berdampak buruh terhadap kesehatan lambung. Contohnya, masyarakat lebih senang membeli nasi kuning di warung A yang mana di warung tersebut tersedia layanan makanan yang hanya berharga dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan harga makanan pada warung B. Padahal di warung B lebih jauh bersih dibandingkan warung A.

2. Kurang Mengontrol Pasokan Makanan

Apakah Sahabat tahu jika pasokan makanan yang dimakan dan lebih dari jumlah yang ditetapkan maka akan berdampak buruk kepada pasien asam lambung? Ya, itu dikarenakan tingkat proses pencernaan Sahabat ditentukan sesuai dengan tingkat pemakanan Sahabat yang mana dari tingkat pemakanan tersebut melihat seberapa besar banyak pasokan makanan yang Sahabat makan. Jika pasokan tersebut lebih banyak maka akan dapat menjadi suatu kesan pada penyakit asam lambung.

3. Obesitas

Obesitas atau dikenal sebagai kelebihan berat badan yang dikarenakan tumpukan – tumpukan lemak pada suatu badan sehingga menyulitkan pergerakan – pergerakan seseorang dalam bergerak tentunya. Tingkat obesitas ini jika dibiarkan maka akan menjadi salah satu aspek yang fatal bagi penderita asam lambung.

4. Sering Ngemil

Pada cara mengatasi asam lambung, terdapat faktor yang sama sekali dilarang oleh keluarga ataupun teman kerabat agar tidak ngemil pada waktu malam. Lho? Kenapa dilarang ? Ini dikarenakan produktivitas atau hal yang kita gunakan pada waktu malam adalah tidur. Sedangkan, dipercayai bahwa pada saat malam, dan mulai ngemil akan menyebabkan zat – zat asam mulai bergantian berdatangan pada lambung penderita asam lambung. Sedangkan dalam mengatasi asam lambung, hal ini tidak diperbenarkan sama sekali karena berakibat fatal.

5. Hindari Makanan Pedas & Asam

Bagi kalian yang merupakan pecinta asam dan pedas, perlu berpikir dua kali jika Sahabat mempunyai salah satu penyakit yang dapat membuat Sahabat dapat jatuh sakit. Contohnya; adalah mempunyai penyakit asam lambung. 

Pada cara mengatasi asam lambung, mengkonsumsi makanan yang serba asam dan pedas dapat menaikkan hormon asam didalam tubuh seseorang sehingga dapat berakibat fatal. Maka dari itu bagi penderita asam lambung sebaiknya berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan setiap harinya.