Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Mengatasi Sesak Nafas yang Bisa Dilakukan di Rumah

Untuk mengatasi sesak nafas ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan baik secara alami maupun dengan menggunakan obat. Adanya sesak nafas ini juga merupakan salah satu gejala gangguan kesehatan pada tubuh. Jika terjadi sesak nafas ini pastilah akan sangat mengganggu karena udara akan sulit masuk ke paru-paru. Untuk itulah penting sekali untuk mengetahui cara mengatasinya, langsung saja berikut akan kami berikan cara mengatasi sesak nafas.

10 Cara Mengatasi Sesak Nafas Secara Alami

Apabila terjadi sesak nafas, maka bisa diatasi dengan berbagai cara untuk langkah awal penanganan terhadap kondisi yang terjadi. Dibawah ini kami berikan beberapa cara untuk mengatasi sesak nafas :

1. Pursed-Lop Breathing

cara mengatasi sesak nafas
10 cara mengatasi sesak nafas agar cepat legah
Pursed-lip brething ini merupakan salah satu teknik pernafasan yang sederhana. Teknik ini juga bisa Anda lakukan dimana pun. Untuk melakukan teknik ini maka Anda harus menarik nafas melalui hidung dengan waktu dua detik. Pada saat melakukannya usahakan supaya mulutnya dalam keadaaan yang tertutup. Setelah itu, Anda hembuskan nafas dengan cara perlahan lewat mulut selama dua detik. Pada saat Anda melakukan teknik ini harus dipastikan bagian leher dan bahu dalam keadaan yang rileks dan tidak tegang.

2. Duduk dengan Posisi Tubuh Sedikit Membungkuk

Pada saat Anda menggunakan teknik pernafasan ini maka harus dilakukan dengan posisi duduk. Sambil duduk, Anda posisikan tubuh untuk condong ke bagian depan serta agak sedikit membungkuk. Kemudian posisikan lengan di paha ataupun lutut, lalu bernafaslah dengan cara perlahan serta perhatikan supaya tubuh dalam keadaan rileks.

3. Berdiri Menyandar Dinding

Saat Anda mengalami sesak nafas maka bisa mencobanya untuk bersandar dinding. Usahakan bagian punggung menempel di dinding lalu bagian tubuh agak condong ke depan.

Setelah itu bukalah kaki selebar bahu lalu letakkan tangan di paha. Jika sudah tempatkan pinggul di dinding dengan rileks. Anda juga harus memastikan bahwa kondisi tubuh juga rileks dan jangan tegang.

4. Berbaring

Kemudian apabila Anda adalah salah satu orang yang sering terbangun dari tidurnya dikarenakan sesak nafas ataupun mengalami slep apnea , maka Anda harus melakukan cara berikut ini.

Langkah pertama yaitu dengan berbaring secara terlentang, lalu taruhlah bantal pada bagian bawah kepala dan lutut. Setelah itu lakukan pernafasan dengan cara perlahan, dan rileks.

5. Mencoba Teknik Pernafasan Diafragma

Untuk cara mengatasi sesak nafas ini juga bisa dilakukan dengan pernafasan diafragma. Caranya cukup simpel yaitu dengan duduk di kursi kemudian bagian lutut, bahu, kepala serta leher dalam kondisi rileks. Jika sudah letakkan satu tangan pada bagian depan perut serta satu tangan lagi pada bagian depan dada. Lalu bernafaslah secara perlahan lewat hidung sampai tangan merasakan perut bergerak saat sedang bernafas. 

Lalu saat Anda menghembuskan nafas, kencangkan otot perut. Setelah itu buanglah nafas secara perlahan lewat mulut dengan bibir mengerucut. Pada hembusan nafas berikan penekanan yang lebih. Lalu usahakan agar saat menghembuskan nafas ini lebih lama dari biasanya. Ulangi cara ini sekitar 5 menit.

6. Meditasi

Untuk cara mengatasi sesak nafas ini juga bisa Anda lakukan dengan cara melalui meditasi. Perlu Anda ketahui bahwa teknik meditasi ini memiliki fokus pada mindfulness sehingga kita juga harus berfokus untuk mengatur pernafasan.

7. Minum Kopi

Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa kafein juga bisa membantu dalam meregangkan otot yang ada di saluran pernafasan. Tentunya ini juga bagus dalam mencegah serta mengatasi sesak nafas. Namun seperti yang kita tahu bahwa kafein ini akan meningkatan detak jantung sehingga Anda juga harus selalu memperhatikan kadar yang dikonsumsinya. Dan jika keadaanya sudah darurat yang disertai dengan gejala lain sebaiknya hindari untuk mengkonsumsi apapun karena akan membuat Anda menjadi tersedak.

8. Konsumsi Jahe

Langkah lain untuk cara mengatasi sesak nafas ini yaitu dengan memakan atau meminum jahe. Hal ini akan mengurangi nafas pendek karena infeksi pernafasan. Bahkan terdapat sebuah penelitian bahwa jahe ini bisa untuk melawan virus RSV. Virus ini yang menyebabkan terjadinya infeksi pernafasan. Akan tetapi jika keadaannya darurat ataupun terdapat gejala lainnya maka sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi apapun. Karena bisa membuat Anda menjadi tersedak. Lakukan konsultasi ke dokter apabila dibutuhkan.

9. Menghirup Uap

Cara sederhana ini juga bisa dilakukan untuk cara mengatasi sesak nafas. Anda hanya perlu menghirup uap panas sehingga saluran pernafasan akan menjadi lega. Udara yang panas serta lembab ini  juga akan membantu Anda dalam mengurai lendir yang mungkin saja ada di bagian paru-paru. Hal tersebut akan menjadikan pernafasan menjadi lebih mudah. Untuk cara-caranya bisa Anda ikuti dibawah ini :

  • Pertama isilah mangkok dengan air panas
  • Selanjutnya tambahkan beberapa tetes essential oil yang memiliki rasa pepermint ataupun eucalyptus.
  • Lalu posisikan wajah dibagian atas mangkuk, jika sudah siapkan handuk di bagian atas kepala
  • Lalu tariklah nafas serta hiruplah uap yang hangat tersebut
  • Perhatikan airnya, apabila masih mendidih biarkan dulu sebentar sehingga tidak membuat muka terluka akibat uap yang terlalu panas.

10. Gunakan Kipas Angin Mini

Cara mengatasi sesak nafas lainnya yaitu dengan menggunakan kipas angin mini. Kipas angin mini ini akan membuat udara dimuka menjadi makin banyak sehinga Anda juga akan merasa banyak udara yang akan masuk ke bagian paru-paru. 

Sekarang tak perlu khawatir lagi saat terjadi sesak nafas, karena Anda bisa langsung mempratekkan cara mengatasi sesak nafas diatas. Namun tetap saja, jika gejala sesak nafas yang dialami menjadi lebih parah sebaiknya sahabat segera melakukan pengecekan ke dokter.